Minggu, 02 Juni 2013

Domain Komputer di Indonesia

Sistem Nama Komputer (DNS)
Websites mempunyai dua alamat jalanan, disebut URL dan IP address. Pengguna internet menggunakan URLserver untuk menemukan websites, tetapi komputer-komputer menggunakan IP addresses untuk menemukan websites. DNS server (web hosting) menerjemahkan URLs ke ISP addresses. Contoh, ketika anda menulis http://www.microsoft.com di kotak pencari alamat dalam google, komputer itu mengirim pesan ulang ke Server DNS. Kemudian server DNS menerjemahkan URL itu kedalam alamat ISP. Begitulah komputer menemukan website microsoft yang anda tulis. Umpama terjemahan computer seperti Url: http://www.microsoft.com = IPa: 127.0.0.1. DNS (Domain Name Sistem), di Indonesia adalah sebagai berikut:
  • Top Level Domain (Komputer Pokok Atasan)
  • Top level domain di Indonesia adalah url akhiran website yang dipakai oleh pemerintah (dot go) dan koperasi (dot co), sesuai peraturan hukum yang berlaku. Domain internasional bernama ‘dot id (.id) singkatan dari ‘Indonesia’, seperti contoh: http://www.depnaker.go.id dan http://www.mandiri.co.id . Jadi, .go.id singkatan dari ‘Government of Indonesia dan .co.id singkatan dari ‘Cooperative of Indonesia’.
  • Down Level Domain (Komputer Pokok Anggota)
  • Down Level Domain di Indonesia adalah url akhiran website yang dipakai oleh public korporasi (masyarakat), seharusnya, baik individu maupun kelompok. Idealnya (menurut landasan idiil), domain anggota berakhiran ‘dot web’ singkatan dari webpage, ‘dot or/ .or’ singkatan dari organisasi, dan ‘dot edu/.edu’ singkatan dari edukasi. Tetapi pada operasionalnya, kebanyakan domain anggota berakhiran ‘dot com/.com’ singkatan dari company, dan ‘dot net/.net’ singkatan dari network, sebab system pengajaran computer terdahulu dan kebiasaan public, juga service dari Internet Provider Indonesia yang terhubung langsung ke dunia maya.
     
    Dasar Networking Korporasi (Himpunan Komputer Kelompok)
    Sebagaimana anda mengetahui kerakyatan Indonesia, anda mengetahui mereka senang berkelompok, belajar bersama, dan berpenghasilan sendiri-sendiri. Hal ini, menimbulkan pengaturan oleh atasan computer dengan domain .web, .org, .edu. Oleh karena itu, ada tiga penghimpunan data, yaitu 1) data pribadi, 2) data organisasi, dan 3) data pengajaran (artikle dan sebagainya). Konsepsi dasar seperti ini sangat penting, lebih penting dari computer itu sendiri, bukan permasalahan biaya sebab computer bisa dirakit murah, tetapi data.
    Bagaimana konsepsi itu terbentuk dalam networking?. Anda harus memahami elektronik mail. Potensi Indonesia, mereka memiliki beribu kelompok organisasi yang pasti beribu-ribu data yang harus disimpan, bukan masalah uang sebab uang dianggarkan atasan computer.
    Korporasi menjadikan suatu system usaha terhubung satu dengan lainnya tanpa terbatas tempat dan waktu di kepulauan ini. Tanpa batas artinya anda harus siap kerja ekstra, interaksi bangsa, dan komunikasi bahasa daerah. Disinilah fungsi besar elektronik mail, sebelum latah berbahasa daerah lain anda pakai nasionalisme anda dengan surat.
    Jalur data (byte) dan Jalur akses (puls), adalah jalur yang saling berlawanan. Input data adalah hardisk, flasdisk, diskette dan input lain yang tersambung dengan fisik computer. Jalur akses adalah jalur yang tersambung melalui network dengan seperangkat drivernya (software alat). Satu network dengan network lain terhubung melalui melalui radio ke server dengan perangkat wireless atau secara langsung dengan Ethernet/kabel data. Nah, server satu dengan lainnya terhubung melalui ISP (Internet Service Provider) dengan satelit melalui modem dan kartunya. Modem dan kartu inilah yang memodulasi dan meresonansi satellite.
    Ketika anda membuat website dan anda ingin online, anda harus membeli atau menyewa Nama Domain dari Internet Provider (biasanya produsen modem dan kartu). Tetapi di Indonesia anda harus membeli atau menyewa URL (banyak diperoleh dari website gratis seperti blogger, dan lainnya) sementara modem dan kartu dapat menggunakan Handphone yang mendukung. Sebagai contoh, ketika anda mendaftar ke blogger, misalnya dengan nama ‘indoduit’ maka anda akan mendapat URL sebagai berikut : http://indoduit.blogger.com contoh lainnya seperti http://wap.telkomsel.com , dan http://pop3.indosat.com
    Dalam hal Sistem Nama Komputer di Indonesia, ada tiga hal yang harus anda kerjakan, yaitu 1) membeli kartu dan modem; 2) mendaftarkan nama site anda seperti di atas; dan 3) menyeting computer anda sebagai computer network. Yang perlu dipertimbangkan, bahwa Indonesia sepertinya akan dibentuk menjadi system network terbesar se Asia karena system Indonesia memungkinkan perusahan menjadi raksasa.
    Jika anda berniat untuk online, sebaiknya investasi pertama adalah untuk tiga hal di atas, kemudian bermitra dengan pengusaha online. Dan jika anda tidak berniat untuk online, sebaiknya anda menggunakan jasa rental computer atau internet mengingat servis yang masih sempit, baik untuk hardware maupun software terutama di daerah; juga kompetensi rata-rata operator komputernya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar